Wednesday, September 27, 2017

PALANG PINTU KEMANG FESTIVAL

0


Palang Pintu Kemang Festival is annual event which is always celebrated once a year. This festival is one of event to celebrate Jakarta anniversary. The event usually placed on Jalan Kemang, South Jakarta, so it's called Palang Pintu Kemang. This event is not far from home, where I live, so this is one of my favorite festival that must be visited each year. You also can join in the festival, it's held around of Mei and June, the entry is FREE, It's open for public, so anyone can enjoy the festival.


As capital city of Indonesia, Jakarta  always has big event to celebrate its anniversary day. Usually many event will perform Jakarta's local culture. It well known as Betawi culture, starts from food, dance, traditional clothes, Betawi marriage ceremony and many more. In Palang Pintu Kemang Festival, you can enjoy and see all Betawi culture.

Ondel - ondel traditional big doll in Betawi 

Little dancer, ready to perform traditional dance

Pretty headpiece 

Betawi Traditional Wedding Clothes

Kerak Telor Traditional Food of Betawi

There were also many stalls

Jaipong Dance

Everyone was enjoying the festival

Hope you like it and see you on the next Palang Pintu Kemang Festival :)


Cheers,

Jihan





Thursday, September 21, 2017

VISIT NATIONAL GALLERY MUSEUM FOR FREE

0



Hi friends ??? Any plan for weekend ???
If you are too lazy to spend your weekend traveling out of city, maybe this can be your option. Spending your weekend in city is not that boring. There are a lot of fun places to be visited. One of my favorite place for weekend is to visit museum. In Jakarta, we have so many museums that worth it to be visited. One of them is National Gallery, the museum is one of art museum in Jakarta that provide art exhibition.
                       
The art that is exhibited in the museum such as ; painting, contemporary art, carving, mural etc. This museum is opened for public and free. It's located in front of Gambir Station in Central Jakarta. Sometimes it has different theme of art exhibition, but they have permanent collection that always be there whatever the season. When I visited the museum, they held Art Clay exhibition.


This colorful ceramics will start playing melody 
when you pushed the botton. It was so unique.

Absurd creatures with its skateboard.

This all buttons was made from clay.

The shelf and all bottles, remind me when I was in laboratory..haha
All bottles contained specimens from many type  of clay, some of it is edible.
I tried one that looks like a bread, actually they already cooked it as bread.
The taste was not bad, It was like I'm eating sand.




Permanent Exhibition of National Gallery of Indonesia was opened since 7 October 2015 until now. The exhibition displays 109 permanent collection that becomes state collection. 


Most of it is the work of famous maestros and artists, such as Raden Saleh, Wakidi, S. Sudjono, Affandi, Basoeki Abdullah, Hendra Gunawan, Otto Djaja, Popo Iskandar, Srihadi Soedarsono, Widayat, Djoko Pekik, Eddie Hara, Heri Dono, Jim Supangkat, Dede Eri Supria, Tisna Sanjaya, Krisna Murti, Anusapati, Mella Jaarsma, dan karya perupa internasional antara lain Victor Vasarely, Wassily Kandinsky, Hans Arp, Zao Wou-Ki, Hans Hartung, dan Sonia Delaunay. The arts that display are Indonesia modern art, international, the New Art movement, Indonesian Contemporary Art.






Need precision and art to make this oblique statue.



How to get there :


- Commuter line ---> stop at Gondangdia station, then walk or use ojek, to get 
  National Gallery   Museum.
- Busway, stop at Gambir shelter, the museum is across the shelter. 


What's on Museum ? 
Fixed Exhibition :
Tuesday - Sunday at 09.00 until 16.00 WIB (Monday and National holiday closed)
Entry Ticket : Free

Temporary Exhibition:
Everyday at 10.00 until 19.00 WIB (National holiday closed)
Entry Ticket : Free

Thursday, August 24, 2017

JOURNEY TO MUI NE (PART OF VIETNAM)

0


Hai guuyss...
Gw mau lanjutin cerita perjalanan trip gw di Vietnam. Setelah puas keliling dan explore Ho Chi Minh City, kami melanjutkan perjalanan ke Mui Ne esok harinya. Untuk ke Mui Ne, gw dan temen2 naik sleeper bus yang berangkat pagi hari dari Pham Ngu Lao..the ticket price was about 150.000 VND. Jadi saat masuk ke bis kita harus melepas alas kaki..karena emang di dalem bis nya itu bersih dan setiap orang langsung masuk ke ranjang tempat tidur masing-masing..haha..ranjang? jadi ini kursi bisa dijadiin tempat duduk sekaligus kasur.. Menurut gw nyaman sih..lumayan untuk perjalanan jauh selama 6-7 jam, bisa selonjoran....hihi



Sebelumnya gw juga pernah naik transportasi yang sleeper-sleeper gini, dulu gw naik sleeper train di Malaysia, beda nya kalo sleeper train emang di set jadi tempat tidur (bunk bed) gitu, biasanya sleeper train emang dikhususkan untuk perjalanan malam hari, jadi penumpang bisa tidur dengan nyenyak.


Selama perjalanan sleeper bis ke Mui Ne ini ada cerita konyol lagi nih..jadi si kondektur bis yang engkoh-engkoh ini baik banget sama kita..
Entah karena apa, kita gak tau? mungkin karena kita berhijab (Yeaahh..we looked different here), mereka gak pernah liat yang kayak gini kali yaa..haha
Kita sih seneng aja dibaikin orang, tapi lama-lama serem juga..karena si doi rada ganjen..hahaha
Buat narik kursi biar jadi "seat" aja, dia tiba-tiba dateng bantuin, terus pas gw lagi makan sama temen-temen gw dia dateng ngasih plastik dan ngeberesin sampahnya, padahal mah mau gw beresin sendiri...trus dikasih tisu basah..dengan gayanya yang genit mau bantu nge-lap-in pake tuh tisu..lol..
I said " No, No..Thank you"..hahaha
*gw gak tau yaa becandanya orang Vietnam itu emang gitu apa enggak..mungkin aja dia becanda..tapi di kira kita genit..haha
Tapi ni bapak-bapak baik kok, walaupun kita komunikasi pake bahasa isyarat..because he didn't understand English. Oiyaa, dari blog yang gw baca, seharusnya pas di bis si kondektur minta alamat penginapan kita di Mui Ne, karena mereka akan nurunin kita di depan penginepan..Tapi kok, dari pas berangkat sampe berjam-jam di jalan gak ditanya-tanya ya??



Setelah 6 jam perjalanan, sampailah kita di Mui Ne. Ternyata oh ternyata kita diturunin di Mui Ne, yang gak tau disebelah mananya, tapi emang udah komplek tempat wisatanya. Udah tercium bau laut sodara-sodara. Supir taksi dan van pun rame mengelilingi bis kita..gw dan temen-temen bingung mau ke arah mana., hey...This was our first time to be here!
Nah ada satu orang bapak-bapak supir van yang nanya alamat resort kita dimana, dia bilang itu sekitar 2 km dari sini..hhmm..lumayan juga yaa..
Tapi sewa mobil juga mahal..eh gak tau pastinya berapa sih..tapi dari awal kita udah "No" buat naik taksi..emang kere..haha

Berbekal label backpacker sejati dan petualang..ttsaahh..kita pun memutuskan buat jalan kaki..karena pas kita liat hampir di setiap bangunan ada nomernya, rapih juga sistem pemukiman di Vietnam ini..jadi lebih gampang buat nyari nomer resort kita..sambil tanya-tanya petugas hotel di sepanjang jalan Mui Ne.

Jadi, Mui Ne ini mirip kayak Bali, ada pantai dan resort di sepanjang jalan utamanya...lumayan juga ya jalan kaki ditengah terik matahari gini..dan gak nyampe-nyampe ternyata.
Sewaktu kita jalan, tiba-tiba supir van yang tadi nawarin buat nganter lewat..dan berhenti, kita bilang "No..No.." *backpacker ngeyel..padahal mah capek jalan...hahaha
Si bapak-bapak driver van pun turun dan bilang "Free..Free"...gw ma temen-temen gw saling menoleh, liat-liatan..dalam hati bener gak yaa ini..takut scam... Tapi liat muka bapaknya sih orang baik..yaudah lah kita naik..di dalem van kita ketemu bule cewek yang tadi satu bisa sama kita.. Ternyata lumayan jaauh cooy..resort nya..akhirnya van berhenti di depan Rang Garden Resort...sampe juga dan gw masih "amaze" atas kebaikan hati bapak ini..
Thanks a lot for your free driving Mr?? *Vietnam diluar ekspetasi man! Many people are friendly and so kind here.


Rang Garden Resort...akhirnya berasa liburan beneran..lumayan dapet resort murah dari A***A..sampai di resepsionis langsung check-in dan sekalian sewa jeep untuk sunset tour..harga sewa satu jeep 24 dolar dan muat untuk 3 orang penumpang..pas deh...langsung cus ganti baju yang lumayan oke buat ootd..Nyatanya mah pake baju seadanya, secara bacpacker cuman bermodalkan kabin..yang artinya bawaan lo gak boleh lebih dari 7 kg..ahahha


Ini dia beberapa spot yang wajib, kudu, musti lo datengin kalau berkunjung ke Mui Ne :

1. Fairy Stream
Dari namanya aja sudah jelas ya kalo wisata disini adalah stream = aliran = sungai. Jadi wisatawan mengikuti aliran sungai dengan pemandangan kanan kirinya berupa bukit pasir dan karst atau batuan kapur, yang bentuknya magis, karena terpahat secara alami oleh aliran air sungai. As you know, when you entered the stream no shoes or slipper, tourist must take them off. Jadi berasa banget lembutnya pasir di sepanjang aliran ini. Tenang sungai nya bersih dan bebas sampah kok!



But, hati-hati tour guide gadungan !
Kena scam juga akhirnya..can you spot this boy? This is scammer, dia nodong duit setelah nganter kita keliling fairy stream, itupun dengan buru-buru dan gayanya yang sok ramah, kita kira dia guide resmi yang emang sepaket dengan jeep yang kita sewa dari penginapa, taunya guide gadungan.

2. Fishing Village
Mostly people in this village are fisherman..pantainya sih not that pretty, but the unique is their boat. Can you spot that boats that look like bowl??? 

3. White Sand Dunes

This is our favorite place..bayangin donk kita rela berjalan diantara butiran pasir dengan matahari yang terik, demi nikmatin rasanya padang pasir kayak apa..walaupun berat juga jalan di pasir, but worth it to try..Now, I have no idea, how can we have that power to walk in sand..lol...
#bts failed we-fie

Did I look like cowboy girl???


Sekseeh friend of mine *ike


Super kind jeep driver, peace !!!


4. Red Sand Dunes
Padang pasir dengan pasirnya yang berwarna merah..it's unique...Unfortunately, It was too dark when we arrived here. But I enjoyed that moment.


luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com